Definisi Mikrotik dan Jenis Mikrotik
23, Apr 2022
Definisi Mikrotik dan Jenis Mikrotik

Kehidupan masyarakat di era teknologi digital saat ini membuat kebutuhan internet menjadi hal yang sangat lumrah jika ditemui. Ada banyak sekali cara atau opsi untuk membuat konfigurasi sistem operasi jaringan di perangkat komputer.

Mikrotik merupakan salah satu cara untuk bisa mengembangkan paket layanan internet sehingga dapat digunakan dalam berbagai perangkat komputer yang tersedia. Atau bisa juga diartikan sebagai sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengubah suatu komputer menjadi sebuah router jaringan yang menyediakan layanan internet.

Jaringan mikrotik ini biasanya digunakan oleh perusahaan dan bisnis yang menyediakan layanan jaringan internet  dan komputer, baik itu dalam skala kecil ataupun besar.

 

Definisi Mikrotik

Mikrotik merupakan sistem operasi yang berbasis software yang digunakan untuk mengubah perangkat komputer menjadi router sebuah jaringan. Perangkat komputer ini memiliki banyak fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh router pada umumnya.

Sistem operasi yang digunakan mikrotik berbasis linux dan menjadi dasar network router. Namun, administrasi dari jaringan ini bisa dilakukan melalui winbox, aplikasi dari windows.

Jika ingin mengubah komputer menjadi router mikrotik, Anda tidak wajib memiliki resources yang banyak. Apalagi untuk skala yang kecil seperti sebagai gateway jaringan.

Namun jika Anda ingin membangun administrasi jaringan komputer dengan skala yang besar dan routing rumit, tentunya Anda membutuhkan komputer dengan memori yang memadai.

Hingga saat ini bayak orang yang salah paham dengan pengertian dari mikrotik dan router. Perbedaan paling dasar dari mikrotik dan router adalah mikrotik berperan sebagai software sedangkan router berperan sebagai hardware.

Umumnya router adalah perangkat yang dapat digunakan untuk menghubungkan 2 jaringan atau lebih, sedangkan mikrotik adalah SO yang dapat menghubungkan banyak perangkat.

Salah satu keunggulan mikrotik yaitu sistem wirelessnya memudahkan pengguna software untuk menyediakan serta mendistribusikan layanan internet ke perangkat lainnya. Hal ini yang membuat mikrotik banyak digunakan oleh ISP (internet service provider).

Banyak fitur tambahan yang membuat teknologi mikrotik semakin popular, seperti:

  1. Ipsec
  2. NTP
  3. MNDP
  4. M3P
  5. SNMP
  6. Monitoring
  7. Caching DNS client
  8. Point to point tunneling protocol
  9. UpnP
  10. Routing Static Routing
  11. Firewall dan NAT

Selain fitur tersebut, mikrotik ada banyak fasilitas lain seperti play access, hotspot for plug, dan lain sebagainya.

 

Jenis Mikrotik

Saat ini tersedia 2 jenis mikrotik di pasaran, yaitu:

  1. Mikrotik RouterOS

Mikrotik RouterOS adalah dimana sistem operasi yang digunakan berbasis UNIX dan mempunyai kelebihan serta menyediakan berbagai fitur mulai dari paket router, proxy server, firewall, hotspot, brige, dan yang lainnya.

Hal ini memungkinkan pengguna ntuk bisa mengubah komputer biasa menjadi sebuah router. Jenis ini cocok digunakan oleh ISP dan sebagainya.

Cara memasang dan menggunakannya pun cukup mudah. Faktor faktor tersebut yang membuat banyak orang memilih RouterOS untuk membangun router mereka.

  1. Mikrotik RouterBoard

Berkebalikan denga mikrotik jenis RouterOS, mikrotik RouterBoard merupakan sebuah hardware yang serupa dengan router internet pada umumnya. RouterBoard memiliki ukuran yang relatif sangat kecil dan lebih praktis.

Anda juga bisa melakukan proses instalasi RouterOS pada RouterBoard yang sudah tekonfigurasi dengan baik. RouterBoard terdiri dari sebuah processor, flash memory, RAM, dan ROM. Harga pasarannya tidak terlalu mahal bahkan relatif murah, sekitar 600 sampai 800 ribu rupiah saja.

 

Demikian definisi dan jenis dari mikrotik. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *